Nametag

Mengacu kepada jawara pencarian di dunia dan akhirat, google, Florentia adalah bahasa latin dari Florence, juga nama sebuah restoran Italia di Kanada yang dimiliki oleh seorang seniman bernama Marco Sassone.

Sementara itu, 11.000 kilometer dari Florence Italia, seorang ibu melahirkan anak perempuan pertamanya di bulan Agustus, 2 hari setelah pesta nama Santo Laurensius, seorang santo dan martir dari Roma Kuno. Ibu itu adalah ibu saya. Bagaimana bisa Laurensius menjadi Florentia, tanyalah pada ibu saya, ia akan menjawab “dulu, murid saya ada yang bernama Florentia. Anaknya cantik, pintar, dan manis. Mudah-mudahan anak saya bisa seperti dia,” sesederhana itu, bahkan mungkin tanpa pernah ia tahu, ada kota tempat para seniman dan malaikat-malaikat terindah di bumi tercipta, di belahan lain dunia ini, yang bernama sama seperti nama anaknya.

Anindita = tidak bercela | Apsari = bidadari | Isthika = cita-cita luhur mulia

Diambil kata per kata dari kamus bahasa Kawi Kuno, basically, saya keberatan nama. Dan setelah semua keberatan itu, kadang orangtua saya cukup memanggil saya dengan “Nduk”.

Dan nametag, seperti saya memberi judul di atas, adalah kartu untuk memberi tahu nama seseorang tak terkecuali saya. Ia tergantung di setiap leher manusia, tak kasat mata, dan hanya terbuka sekali, ketika ia sendiri mengucapkan apa yang tertulis di dalam kartu itu kepada orang lain, yang baru kali pertama ditemui dan berkenalan. Sekarang hanya tinggal bagaimana kartu tak kasatmata itu menjadi terlihat dan terasa bagi orang lain, wujud kebenaran dari deretan kata-kata mahaberat dan sarat makna itu agar tak hanya sekedar nama belaka.

Tidak ada cara yang lebih baik untuk menginterpretasikan sebuah nama yang diberikan oleh orangtua, selain memaknainya sebagaimana doa yang seharusnya mengiringi.

Leave a Reply

