Siapa & Mengapa Harus Kreatif

Mengapa kreatif itu perlu?

Kreatif adalah saat dimana seseorang berhasil menemukan sesuatu yang tidak diketemukan orang lain sebelumnya. Dalam artian lain, menjadi kreatif adalah mencipta imaji.

Imaji yang muncul, akan memilih untuk dikembangkan atau didiamkan. Ia akan hidup pertama hanya dalam benak, lama-lama beranjak nyata.

Karena otak tercipta kembar, kiri dan kanan, menuntut diperlakukan adil.

Karena batas dunia belum ditemukan, dan demikian juga batas pikiran.

Karena hidup akan penuh dengan masalah dan menuntut solusi untuk terselesaikan. Dan bagaimana kita beroleh solusi bila tidak dengan kreatif atau menjadi kreatif.

Saya tidak pernah mencegah diri saya untuk berimajinasi, untuk membayangkan yang tak terbayang, dan memimpikan yang ingin terjadi. Menggoreskan yang kelak menjadi karya, dan menyuarakan yang belum pernah terdengar.

Karena berlari selalu dimulai dari sebuah langkah maju, dan masa depan bermula dari sebuah mimpi.

Siapa orang paling kreatif di dunia?

Well, menurut saya orang paling kreatif di dunia adalah yang menghadirkan seni ke dunia. Siapakah itu? Sayapun tidak tahu.

Menurut sejarah yang saya runut dari Wikipedia sebagai sumber terpercaya abad ini, seni yang paling awal muncul adalah seni lukis dalam gua yang berasal dari jaman Paleolitik, 40.000 tahun silam. Sementara halaman lain (masih dari Wikipedia juga) mengatakan, musik dikenal oleh manusia modern (homo sapien) sejak 180.000 hingga 100.000 tahun yang lalu.

Baiklah dengan demikian, saya mengambil kesimpulan, seni musik adalah yang pertama kali hidup dibanding anggota keluarga seni lainnya. Terlebih lagi saya juga hidup di dunia seni musik, saya semakin berbangga dan berbahagia mendapati bahwa musik yang mengawali terciptanya seni.

Berarti manusia-manusia gua itulah orang paling kreatif di dunia! Siapapun itu, entah yang pertama kali mengambil tulang kaki hewan buruan mereka yang telah mengering lalu meniupnya, atau yang pertama kali meniup rongga bambu, atau mengetukkan batu bebatuan, atau bahkan yang bersiul untuk pertama kalinya di dunia ini; ia harus tahu, ia telah mencipta suatu mahakarya.

Leave a Reply

