Jogja International Street Performance

This slideshow requires JavaScript.

Jogja International Street Performance (JISP) adalah salah satu dari rangkaian acara Jogja International Art Performance dan Asia Tri Jogja (JIPA & ATJ). JIPA & ATJ sendiri sudah dimulai sejak 28 September 2012. Diawali oleh Street Performance pada 28-29 September 2012, dilanjutkan dengan pertunjukan di Concert Hall ISI 29, 30 September dan 1 Oktober 2012. Sementara Asia Tri Jogja dimulai 2 Oktober hingga 5 Oktober 2012 di Museum Ullen Sentalu Kaliurang.

Bertempat di Lapangan Parkir Barat Grha Sabha Pramana UGM, 29 september 2012; 16 grup dan komunitas kesenian dari 6 negara turun ke jalan. Dari Indonesia sendiri, Yogyakarta menghadirkan kesenian 4 kabupaten dan kotamadya dan seluruhnya adalah tari kreasi baru karya sarjana-sarjana tari lulusan universitas-universitas seni di Yogyakarta. Acara dibuka oleh Marching Band UGM, membawakan lagu Yogyakarta yang berhasil membuat saya mbribik, mbrebes mili dan mbrambangi…

Satu yang menarik selain tari-tarian yang beragam adalah fashion show dan batik carnival. Untuk sejenak, rasanya seperti di Solo batik Carnival, dengan batik-batik yang didesain indah dan bergaya carnival, model-model menari di jalan, dan seluruhnya adalah karya siswa-siswi SMKN 4 dan SMKN 6 Yogyakarta.

Hadir juga di sini, Sanggar tari Didik Nini Thowok dengan Laura Trans gender-nya, cocok dikeluarkan di sore hari, surup-surup antara siang dan malam, rembang petang…

Penutup acara adalah Pragina Gong, sebuah grup tari yang tidak hanya menari malainkan juga memainkan olah tubuh mereka sehingga sejenak tampak seperti akrobatik sirkus namun tetap halus seperti yoga dan tetap saja terlihat seperti penari.

Sungguh suatu keberuntungan di kunjungan singkat saya ke Yogyakarta, ada event ini digelar 6 jam sebelum kepulangan saya kembali ke Bandung. Perpaduan yang unik, namun konsep street-nya sendiri terasa kurang, jalanannya terlalu pendek. Trend tahun ini sepertinya adalah kolaborasi gamelan slendro dan ajep-ajep ala DJ yang mengiringi hampir di setiap performance.

Mengingat Jogja Java Carnival tahun ini tidak diadakan sebagaimana biasanya demi memperingati ulang tahun kota Yogyakarta, Jogja International Art Performance dan Asia Tri Jogja dirasa cukup untuk menggantikan keberadaannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s